Senin, 20 Februari 2012

Pengertian Dasar

Pemasaran berjenjang


Pemasaran berjenjang (bahasa Inggris: multi level marketing) adalah sistem penjualan yang memanfaatkan konsumen sebagai tenaga penyalur secara langsung. Harga barang yang ditawarkan di tingkat konsumen adalah harga produksi ditambah komisi yang menjadi hak konsumen karena secara tidak langsung telah membantu kelancaran distribusi.

Keanggotaan

Promotor (upline) adalah anggota yang sudah mendapatkan hak keanggotaan terlebih dahulu, sedangkan bawahan (downline) adalah anggota baru yang mendaftar atau direkrut oleh promotor. Akan tetapi, pada beberapa sistem tertentu, jenjang keanggotaan ini bisa berubah-ubah sesuai dengan syarat pembayaran atau pembelian tertentu.
Komisi yang diberikan dalam pemasaran berjenjang dihitung berdasarkan banyaknya jasa distribusi yang otomatis terjadi jika bawahan melakukan pembelian barang. Promotor akan mendapatkan bagian komisi tertentu sebagai bentuk balas jasa atas perekrutan bawahan. Namun ada juga beberapa MLM yang tidak memberikan bonus atas jasa perekrutan, karena bonus perekrutan termasuk bonus yg dilarang berdasarkan Permendag No 13 tahun 2006 Bab I Pasal 1 ayat 11.

Kontroversi

Seringkali ditemukan kerancuan istilah antara pemasaran berjenjang dengan permainan uang (money game). Pemasaran berjenjang pada hakikatnya adalah sebuah sistem distribusi barang. Banyaknya bonus didapat dari omzet penjualan yang didistribusikan melalui jaringannya. Sebaliknya, pada permainan uang bonus didapat dari perekrutan, bukan omzet penjualan. Kesulitan membedakan pemasaran berjenjang dengan permainan uang terjadi karena bonus yang diterima berupa gabungan dengan komposisi tertentu antara bonus perekrutan dan komisi omzet penjualan.
Sistem permainan uang cenderung menggunakan skema piramida (atau skema Ponzi) dan orang yang terakhir bergabung akan kesulitan mengembangkan bisnisnya. Dalam pemasaran berjenjang, walaupun dimungkinkan telah memiliki banyak bawahan, tetapi tanpa omzet tentu saja bonus tidak akan diperoleh.
Informasi tentang jenis pemasaran berjenjang yang benar dapat mengacu pada Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia No. 13/M-DAG/PER/3/2006 tentang Ketentuan dan Tata Cara Penerbitan Surat Izin Usaha Penjualan Langsung dengan memuat larangan tegas yang tercantum pada bab VII.
Masalah di dalam pemasaran berjenjang sering terjadi bila sistem komisi menjurus pada permainan uang. Biaya keanggotaan bawahan secara virtual telah dibagikan menjadi komisi promotor sementara harga barang menjadi terlalu mahal untuk menutupi pembayaran komisi kepada promotor. Dalam jangka panjang, hal ini membuat komisi menjadi tidak seimbang, di mana komisi telah melebihi harga barang dikurangi harga produksi.

Banyak orang menutup diri untuk MLM (dalam konteks ini K-LINK)
hal ini juga saya alami beberapa bulan yang lalu..

saya memanfatkan K-Link Anniversary untuk membuktikan bahwa K-link memang kendaraan ter baik dan tercepat yang bisa di gunakan untuk meraih impian kita.

hampir 800 orang saya kunjungi dan saya ajak untuk melihat k-link dari dekat dalam cara Anniversary K-link di jogja pada 21 april 2007 kemarin...
namun hasilnya memang tidak seperti yang ya yang saya harapkan...

Banyak diantara mereka bilang:
lha.. mas yang namanya MLM itu dimana-mana juga sama, intinya jual dan rekrut tho.. trus hilang ceritanya gak berbekas.... ini adalah kebanyakan masyarakat kita melihat MLM.

ada lagi fenomena lain :
orang yang sudah join k-link cuma melihat k-link sebagai lahan cadangan.. atau sebagai lahan uji coba.

dari fenomena ini, saya harus bertahan dan berusaha ngotot, meyakinkan bawa k-link memang bukan seperti kebanyakan MLM...

Dari beberapa orang yang saya ajak ke K-Link Anniversary, mereka baru sadar, ternyata K-link memang beda dari yang lain... Mereka baru benar benar sadar bahwa K-link memang ada, dan terbukti telah mengubah bayak kehidupan membernya...

seorang mitra dari Riau berkata : saya baru lihat k-link seperti ini, udah 5 bulan saya join, tapi saya gak percaya klau k-link seperti ini... saya akan fokus di usaha ini....

terbukti hampir 12 ribu petani k-link merayakan ultahnya di Jogja...

menyesal bagi anda yang tidak hadir
... itu yang saya katakan pada mitra saya yang tidak hadir di K-Link Anniversary.

Banyak sekali member k-link dari luar kota yang hadir ke jogja untuk melihat ke prestasi k-link di indonesia..

K-link sudah membuktikanya,
jika anda butuh bukti... inilah buktinya (datanglah ke semua acara k-link

Saya yakin sekali banyak mitra k-link yang hadir di K-Link Anniversary kemarin bertambah keyakinannya dengan usaha k-link.


Hal ini tentu akan membuat membuat konsumen di tingkat tertinggi mendapatkan harga termurah atau bahkan mendapatkan keuntungan bila mengetahui cara mengolah jaringannya, sedangkan konsumen yang baru bergabung mendapatkan kerugian secara tidak langsung karena mendapatkan harga termahal tanpa mendapatkan komisi atau komisi yang didapatkan tidak sesuai dengan usaha yang telah dilakukan sehingga akhirnya anggota baru tersebut terangsang untuk mencari konsumen baru agar mendapat komisi yang bisa menutupi kerugian virtual yang ditanggungnya.